Urus Passport, RIBET !

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.. hai.. siapa nih yang punya pengalaman urus passport di Imigrasi Kota Palu? berapa hari ngurusnya? mudah?
diriku mau share pengalaman nih selama ngurus passport di Kantor Imigrasi Klas 1 Kota Palu yang berkantor di Jalan Kartini. ribetnya ampuunnnnnn minta.. eh kebalik :D
waktu datang pertama kali di kantor imigrasi, ketemu sama CS yang gi bertugas.. nanya apa aja yang disiapkan untuk bikin passport, si mba'nya negejelasin dengan sangat sangat jelas dan baik.. nih yang disebutin mba'nya :
1. foto copy KK
2. foto copy KTP
3. foto copy Akta Lahir
4. foto copy Ijazah Terakhir
5. foto copy Akta Nikah
sambil nyebutin point2 di atas satu persatu, si mba'nya ngasih formulir untuk diisi.. mba'nya nge wanti wanti gitu jangan sampe formulirnya di isi pake tinta biru, harus tinta hitam. aku langsung OK in mba'nya dan pamit, sebelum keluar pintu dengan map ditangan, mba'nya meyakinkan supaya besok paginya datang awal biar nanti gak lama ngantri dan kuota untuk hari itu gak full..
besoknya diriku datang lagi dengan wajah super segar, senyum sama mba'nya dan ngasih map yang berisi formulir dan sudah dilengkapi dengan syarat-syarat yang sudah disebutin mba'nya kemarin.. pas nyampe, mba'nya ngecek isi map, trus nanyain berkas asli yang sudah di copy, diriku kaget donk.. kemarin mba'nya gak minta dibawain asli nya, kenapa sekarang baru ditanyakan? mba CS bilang aslinya juga harus dibawa biar bisa langsung diproses berkasnya, jengkel sih.. jadi aku tanya sama mba'nya apa saja yang kurang biar besok gak ada lagi yang salah sama berkas yang aku kasih. katanya cukup aslinya dibawa semua.. OK untuk bisa dapat passport harus sabar. tapi kenapa mba CS gak jelasin dari awal kalau berkas yang sudah dicopy aslinya juga disertakan.. kalau harus bolak balik gini kan ribet.
alhasil diriku harus ke rumah lagi, kumpulin berkas aslinya.. karena kantor imigrasi agak jauh dari rumah, pas kembali ke imigrasi udah siang.. dan lagi2 harus ngantri, ujung-ujungnya mba CS bilang harus kembali besok, soalnya kuota untuk dilayani hari itu sudah penuh, pagi cuma bisa melayani 10 orang waktunya jam 8 pagi sampai jam 12 siang, dan 6 orang pada sore hari dari jam 1 sampai jam 3 sore.. asli dongkol.. dengan alasan meja pelayanan yang buka cuma 2, jadi gak bisa melayani lebih dari itu. dengan hati hancur nan kecewa balik ke rumah, dengan harapan besok udah bisa diproses berkasnya dan passport bisa diterima segera. tanpa sadar hari itu adalah hari jumat yang artinya balik ke imigrasi 3 hari kemudian pada hari senin.
pas hari senin datang ke Imigasi lagi, berkasnya udah bisa diproses, udah diwawancara dan take foto juga sidik jari.. kata mba'nya passport bisa diambil 3 hari setelah transaksi di bank untuk bayar biaya administrasinya.. ribet banget kan ya?!
sebenarnya gak se ribet itu kalau saja mba CS menjelaskan lebih detil lagi soal syarat yang harus dipenuhi sebelum mengembalikan formulir ke CS. syarat yang tertera di map juga tidak semua harus disertakan, kayak misalnya Fotocopy KK (kartu keluarga), fotocopy Ijazah/Akta lahir/ akta nikah.. kalau sudah tercantum di map seperti itu, berarti jika salah satu syarat itu tidak harus semuanya ada.
oia, hampir lupa, 3 hari sebelumnya untuk menghindari antrian yang panjang, diriku sudah mengisi formulir online di laman http://www.imigrasi.go.id/index.php/en/public-services/passport, di meja CS udah ditunjukkan form yang udah diriku isi, tapi tetap dikasih form tertulis untuk diisi.. salah ku apa coba?! :'( kenapa form yang sudah aku isi secara online gak dihargai?! kenapa diabaikan seperti itu??! nyesek diabaikan.. :'( (eh, lho koq malah curhat..wkwkwk)
anyway, untuk teman-teman yang mau bikin passport di kantor imigrasi Kota Palu, sebaiknya siapkan hal-hal ini sebelum ke kantor imigrasi, biar gak bolak balik.. bayangin aja kalau misalnya kita urus passport untuk perjalanan nonton GP di Sepang Malaysia (contoh tempat yg ingin dikunjungi yg dekat aja, hehe) terus waktu untuk nonton mepet banget, gak kebayang kan GP udah dimulai, nah kita masih mondar mandir ke kantor imgirasi gara-gara salah satu syarat yang belum terpenuhi.. ribet kan??
yang harus kawan-kawan siapkan adalah :
1. fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan file ASLI
2. fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan file ASLI
3. fotocopy Akta Lahir dan file ASLI
4. fotocopy Ijazah dan file ASLI
5. fotocopy Akta Nikah dan Akta Cerai dan file ASLI
dan kawan-kawan harus dipastikan kalau semua file diatas ASLI, dan tercatat di catatan sipil/instansi terkait.. dan juga yang paling penting adalah nama dari semua berkas tersebut gak ada yang beda meski SATU HURUF pun !! karena kalau gak kayak gitu, bakal lebih ribet lagi, serius.. ribet.. beneran ribet..
sudah yah, info yang dibagi hari ini cukup sekian dulu.. semoga bermanfaat..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-Jenis Penelitian Kualitatif dan Penelitian Kuantitatif

mengenal lebih dalam tentang promosi dan periklanan

Makalah Promosi